Friday, April 4, 2014

Ini lanjutan dari artikel NGAJI PIKIRAN (1) yang pernah saya tulis beberapa waktu lalu. lihat disini NGAJI PIKIRAN (1)

Sudah dikatakan sebelumnya bahwa manusia hidup dengan du macam pikiran, pikiran sadar dan pikiran bawah sadar alias concious dan sub-concious.

Kebanyakan orang di dunia banyak menggunakan pikiran sadar (concious) saja,  padahal, tahukah kalian bahwa pikiran sadar hanya 12% berpengaruh dalam membentuk tindakan kita? selebihnya, 88%, justru pikiran bawah sadarlah yang berperan penting.

Pengaruh antara pikiran sadar dan pikiran bawah sadar dalam kehidupan kita bisa dianalogikan sebagai gunung es, dimana hanya sedikit yang muncul di permukaan dan itu adalah pikiran sadar kita, sedangkan sisanya yang justru jauh lebih besar berada di bawah permukaan air, sehingga tidak terlihat tapi sangat berpengaruh, dan itu adalah pikiran bawah sadar kita.

Pikiran bawah sadar menyimpan segala kenangan yang pernah kita alami, bahkan ada yang mengatakan kenangan sejak kita dalam kandungan sekalipun juga tersimpan dalam pikiran bawah sadar kita. Hebat bukan? Nah, dari memory itulah kemudian pikiran bawah sadar mempengaruhi hidup kita.

Jika kita melihat sebuah benda menyala di depan kita, maka pikiran kita langsung bekerja mencari informasi yang cocok dengan benda tersebut, lalu kemudian memutuskan apakah itu. Itu api. kita bisa tahu itu api karena sudah ada kenangan hidup masa lalu kita tentang api. Seandainya memori pikiran bawah sadar kita msih kosong tentang api, kita pasti bingung ketika kita melihat benda yang menyala tersebut.

Setelah kita tahu itu api, kemudian pikiran bawah sadar mencari informasi lagi seputar api, sehingga kemudian memutuskan apa yang harus dilakukan tubuh kita ketika melihat api di depan kita, menghindar, mematikan, atau sekedar melihatnya.

Tidak hanya menjadi dasar memutuskan sesuatu yang sederhana seperti itu, pikiran bawah sadar juga sangat berpengaruh terhadap kepribadian, akhlak dan perasaan kita.

88% tindakan kita dipengaruhi oleh pikiran bawah sadar kita.

0 comments:

Post a Comment

Tulis disini...